Sabtu, 23 Maret 2013

Sakit Pinggang Sebabnya

Jakarta, Nyeri pada pinggang tidak hanya dialami oleh orang-orang lanjut usia saja, tetapi juga dapat menyerang orang yang lebih muda. Kondisi nyeri pada pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti salah posisi waktu mengangkat barang atau penyakit lain yang mendasarinya.

Berikut 8 hal yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada pinggang, seperti dilansir besthealth, Sabtu (22/09/2012) antara lain:

1. Nyeri cakram tulang belakang
Rasa nyeri pada pinggang juga dapat disebabkan karena salah satu cakram tulang belakang terdorong sedikit keluar. Tetapi hal ini biasanya normal terjadi dan merupakan bagian dari penuaan yang biasanya disebut dengan penggembungan cakram.

Tetapi kondisi ini bukanlah suatu penyakit, meski sering dikenal dengan penyakit degeneratif cakram. Ini hanya merupakan istilah yang mengacu pada kondisi cakram yang kehilangan kadar air dan elastisitas terkait pertambahan usia. Terkadang juga dapat dapat menyebabkan nyeri pinggang, osteoarthritis dan penonjolan tulang.

2. Nyeri sendi facet
Sendi facet dipasok oleh dua saraf dan jika salah satu saraf mengalami peradangan atau terjepit akan terasa sangat menyakitkan.

3. Saraf terjepit
Jika cakram tulang belakang terdorong keluar dan menekan saraf, kadang akan menyebabkan peradangan pada saraf dan timbul nyeri linu pada pinggang. Kondisi ini dikenal dengan sciatica yang akan terasa hingga kaki, pinggang bawah dan pantat.

4. Spinal stenosis
Hal ini terjadi ketika kanal tulang belakang menyempit yang paling sering disebabkan oleh radang sendi, sehingga membuat saraf terdesak dan menyebabkan rasa sakit.

5. Salah posisi ketika mengangkat barang
Latihan intens atau mengangkat barang yang terlalu berat dalam posisi yang salah juga dapat menjadi penyebab rasa sakit pada pinggang. Hal ini adalah penyebab paling umum dari nyeri pinggang karena otot-otot, ligamen dan cakram berada di bawah tekanan yang terlalu kuat.

6. Osteoarthritis
Osteoarthritis adalah bentuk umum dari arthritis yang terjadi karena penambahan usia. Semakin tua, tulang rawan akan menjadi lebih tipis dan tidak kompresibel sehingga jika terjadi gesekan antar tulang akan terjadi iritasi mekanis dan dapat menyebabkan rasa sakit.

7. Fibromyalgia
Kondisi ini sebagian besar terjadi pada perempuan yang merupakan gangguan cara alami tubuh terhadap respon nyeri. Hal ini disebabkan oleh pengolahan mekanisme pada otak diamana bersifat hipersensitif terhadap masukan sensorik atau kurangnya mekanisme alami untuk menghambat rasa sakit.

8. Masalah kesehatan lainnya
Sakit pada pinggang juga dapat menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Jika Anda memiliki riwayat kanker, atau jika sakit pinggang Anda berhubungan dengan demam, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau kehilangan kontrol kandung kemih atau usus, segeralah mencari pertolongan medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar