Jumat, 22 Maret 2013

Impoten,Lemah Syahwat karna Darah Tinggi ?

Jakarta, Hipertensi bisa mengakibatkan kerusakan pembuluh-pembuluh darah kecil, tak terkecuali di area sekitar organ reproduksi laki-laki. Nah, apakah hal ini bisa menyebabkan seorang laki-laki mengalami impotensi?

"Memang bisa terjadi hal ini dan cukup banyak yang mengalaminya," terang Prof Dr Rully M.A. Roesli, Sp.PD-KGH, mantan Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia, saat dihubungi detikHealth, dan ditulis pada Rabu (20/3/2013).

Dr Rully menambahkan obat-obatan anti hipertensi pun ada yang menyebabkan impotensi, tetapi tidak berarti semua obat anti hipertensi berdampak seperti itu. "Hanya beberapa jadi memang harus mengonsumsi obat yang disarankan dokter dan rajin kontrol," lanjutnya.

Hal senada disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Dr Muhammad Yamin, SpJP, FACC, FSCAI. Menurutnya masalah impotensi bukan serta merta diakibatkan oleh hipertensi, melainkan kerena adanya sumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan lemak.

"Hal ini juga bisa dialami penderita diabetes. Jadi disfungsi ereksi terjadi apabila pembuluh darahnya yang tersumbat, dan itu merupakan pembuluh darah menuju alat genital pria maka akan menyebabkan disfungsi ereksi," terangnya.

Dr Yamin sepakat dengan Dr Rully bahwa tidak semua obat antihipertensi mengakibatkan disfungsi ereksi. "Hanya golongan beta bloker, dan disfungsi ereksi merupakan efek samping dari golongan obat tersebut. Dan jenis obatnya bisa diganti tergantung kondisi pasien," jelasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar