Selasa, 11 Juni 2013

Pengobatan SYARAF Kejepit

Syaraf Kejepit  dalam istilah kedokteran disebut dengan Herniated Nucleus Pulposus (HNP) adalah sebuah gangguan kesehatan dimana terjadi gangguan syaraf di sekitar tulang belakang yang disebabkan adanya kelainan suatu bagian pada tulang belakang. 
Tulang belakang terdiri dari 33-34 ruas tulang. 7 ruas di daerah leher, 12 ruas daerah dada, 5 ruas daerah pinggang, 5 ruas daerah sakrum, dan 4-5 ruas tulang ekor. Diantara setiap tulang belakang dari leher hingga pinggang terdapat suatu cakram yang berfungsi untuk membantu tulang belakang menopang beban tubuh, dinamakan intervertebral disk. Pada bagian tengah cakram ini terdapat suatu inti yang dinamakan nucleus pulposus. Cakram ini juga berfungsi sebagai peredam, sama seperti shock breaker pada mobil atau motor. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan cakram untuk menjalankan fungsinya juga menurun. Faktor-faktor diatas dapat menyebabkan terjadinya herniasi, yaitu keluarnya suatu organ melalui suatu celah dalam tubuh. 
HNP atau syaraf terjepit dapat dianalogikan seperti terjadinya “turun bero”, tetapi terjadi pada daerah tulang belakang. Terdapat penonjolan kebelakang pada cakram yang bawah. Penonjolan ini kemudian menekan syaraf yang berjalan dibelakang. Penekanan inilah yang menimbulkan keluhan. Keluhannya dapat berbagai macam dari nyeri pinggang, kesemutan di tungkai, hingga sakit yang luar biasa pada tungkai hingga berjalanpun sakit sekali.
Nyeri pinggang merupakan salah satu keluhan yang banyak dijumpai di masyarakat. Penelitian menyebutkan bahwa setiap manusia pernah mengalami nyeri pada pinggang suatu kali dalam masa hidupnya. Selain sangat mengganggu, bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit, tapi juga menghambat produktifitas di kehidupan sehari-hari.
Faktor-faktor Penyebab
Penyebab HNP ini berbagai macam, antara lain adalah
  1. merokok,
  2. batuk yang terlalu lama,
  3. cara duduk yang salah,
  4. menyetir yang terlalu sering,
  5. cara mengangkat barang yang salah
  6. berolahraga tanpa pemanasan atau berlebihan
  7. Pernah Jatuh dll
Berapa biaya perawatannya ?
Penanganan dari penyakit ini dapat secara non-operatif, yang terdiri dari obat-obatan dan fisioterapi, atau dengan tindakan operatif. Biaya perawatan untuk penderita syaraf kejepit (HNP) di beberapa Rumah Sakit terkenal adalah sekitar Rp. 18 jutaan lebih untuk tindakan non operatif dan fisioterapi, dan jika dilakukan tindakan operatif akan lebih banyak biaya yang dikeluarkan, bahkan hingga puluhan juta rupiah. Itupun hasilnya belum tentu seperti yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar